Rabu, 20 Juli 2011

Alternatif Ponsel Android untuk Pemula (Acer Liquid Mini E310)

Satu lagi pilihan hadir untuk ponsel android dengan harga terjangkau, Acer Liquid Mini melengkapi jajaran ponsel seperti Samsung Galaxy Mini ,LG Optimus Me , dan smartphone android di kisaran harga di bawah Rp 2 jt. Lalu apa pembeda acer liquid mini dengan para kompetitornya sehingga ponsel keluaran vendor asal Taiwan ini layak dipilih?



1. Desain
Dimensi, berat, material plastik hampir di seluruh body, 4 tombol kapasitif dibawah layar (home,search, back, dan application), tombol power di sisi atas, tombol shutter dan pengatur volume di sisi kanan.

DNA seri Liquid masih terasa di generasi baru ini, bentuk melengkung di sisi atas dan bawah dipadu dengan sisi lurus di kiri dan kanan masih dipertahankan Acer pada Liquid mini. Kami juga mengapresiasi keberadaan tombol shutter kamera disaat beberapa ponsel Android lain mengabaikannya.


2. Layar
Layar Sentuh kapasitif TFT,256 ribu warna, 320x480 pixel, 3.2 inci.

Spesifikasi layar Liquid Mini memang sebanding dengan smartphone Android sekelasnya, sehingga kualitas gambar yang ditampilkan juga tidak jauh berbeda. Hanya saja kami merasakan layar Liquid Mini kurang responsif menanggapi input sentuhan, masih terjadi delay sepersekian detik terutama pada lockscreen maupun menu utama.


3. OS dan Menu
Android OS, v2.2 (Froyo),upgradable to v2.3, Acer UI, Notification bubble,8 pieces shortcut icon on the clock.

Keseriusan Acer mengembangkan Acer UI tercermin dari tampilan antar muka Liquid Mini yang tampak sama sekali berbeda dengan ponsel android kebanyakan. Untuk mengakses widget misalnya, Anda harus menekan icon khusus pada homescreen. Selain itu, notification tray digantikan dengan notification bubble yang lebih menarik.


4. Kamera
5MP (2592x1994, geo-tagging, color effect, timer.

Fitur kamera pada Liquid Mini sangat minim fitur, Acer hanya memberikan 4 pilihan effect warna, itu pun tidak menarik. Untuk pengaturan standar seperti geo-tagging, ISO, kecerahan (brightness) dan white balance bisa diakses dengan menyentuh layar pada area viewfinder.

5. Perekam Video
Kualitas maksimal  resolusi 480p (720x480 pixels) @ 30fps.

Sama halnya dengan fitur kamera, fitur perekam video LiquidMini juga minim fitur. Ponsel ini bahkan tidak dilengkapi dengan efek untuk diaplikasikan pada video yang direkam. Hasil rekaman video cuku baik ketika diputar langsung di ponsel namun resolusinya terlalu kecil untuk layar komputer atau TV.


6. Internet
Browsing HTML, multi-windows, browsing, pinch zooming, RSS feeds, share page.

Seperti android lainnya, browser bawaan Liquid Mini dibekali sejumlah fitur canggih yang dapat memenuhi kebutuhan anda untuk browsing menggunakan ponsel. Sayangnya layar yang tidak cukup luas dan tidak didukungnya flash player mungkin saja mengurangi kenyamanan anda.


7. Benchmark
Menggunakan Aplikasi : Quadrant Standard Edition oleh Aurora soft work.

Ketika di uji, LiquidMini hanya mampu mencetak angka sebatas 490. Meski biasa saja tentu sebanding dengan harganya.


8. Konektivitas
GSM quad band, dual-band HSPDA, Bluetooth version 2.0 dengan A2DP and EDR, microUSB 2.0 (tersedia pada sisi kanan ponsel),GPRS, EDGE, HSPDA 7.2 Mbps, WiFi, Portable hotspot.

Liquid Mini menyediakan berbagai jalur untuk menghubungkan ponsel dengan dunia maya maupun perangkat lain guna bertukar file atau lainnya. Hal yang biasa untuk sebuah smartphone.


9.  Fitur Lainnya
Social Jogger, Facebook, Twiter, Home, Decor, Media Server, Barcode scanner, Spinlets, urFooz.

Selain fitur standar android, Acer tidak lupa menambahkan berbagai aplikasi menarik untuk LiquidMini. Social Jogger contohnya, aplikasi ini memudahkan Anda untuk memantau update terakhir dari teman anda di Facebook dan Twitter dengan cara yang menyenangkan.



Kesimpulan
Untuk ukuran ponsel pintar Android, performa Liquid Mini memang tidak luar biasa. Namun jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan, tentu kemampuan ponsel ini tidak buruk bahkan diatas ponsel sekelas dengan sistem operasi berbeda. Belum lagi Anda bisa mendapatkan pengalaman memakai Android berkat Acer UI yang atraktif.


Harga : Rp 1,800,000




Sumber : Tabloid Pulsa


Kunjungi juga situs ini untuk mendapatkan informasi lebih banyak !!

http://dwijuan.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More